Kepemilikan Website Organisasi

Dari pengalaman TemanWeb selama ini menemani beberapa organisasi dalam mengembangkan website, kami menemukan beberapa contoh kasus yang bisa dijadikan pembelajaran untuk mengamankan kepemilikan terhadap nama doman dan web hosting yang bisa dijadikan pembelajaran penting untuk organisasi.

Kasus 1

Pemilik website menyerahkan sepenuhnya ke web developer untuk pendaftaran nama domain & web hosting, lalu web developer mendaftarkan nama domain dan web hosting dengan menggunakan email pribadinya. Lalu pada saat waktunya dilakukan perpanjangan di tahun berikutnya, web developer lupa memberitahukan klien nya untuk membayar biaya perpanjangan domain dan web hosting. Walhasil website disuspend/dinonaktifkan oleh penyedia jasa dan ketika dalam kurun waktu tertentu tidak dibayarkan, maka website akan di terminate atau di hapus dari server yang akan mengakibatkan seluruh data-data website Anda hilang.

Pembelajaran:
Seharusnya pendaftaran nama domain dan web hosting menggunakan email si pemilik website, sehingga tagihan untuk perpanjangan terkirim ke email si pemilik website dan langsung bisa diproses untuk pembayaran perpanjangan layanan.

Kasus 2

Pemilik website menyerahkan sepenuhnya ke web developer untuk pendaftaran nama domain & web hosting, lalu web developer mendaftarkan nama domain dan web hosting dengan menggunakan email pribadinya. Lalu dalam perjalanannya kualitas website nya tidak bagus dan Anda ingin mengganti web developer dengan pihak lain, namun Web Developer sebelumnya tidak mau memberikan akses ke nama domain dan web hosting karena mungkin saja dia akan kehilangan penghasilan dari website tersebut. Walhasil, Anda terpaksa harus  menggunakan nama doman dan web hosting yang baru sehingga website Anda bisa dikembangkan oleh pihak lain yang lebih berkompeten.

Pembelajaran:
Sama dengan kasus nomor 1, pastikan Anda menggunakan email Anda sendiri untuk mendaftarkan nama domain dan web hosting. Kalaupun Anda meminta ke web developer untuk mendaftarkannya, pastikan web developer  tersebut bisa Anda percaya dan membantu proses pendaftaran tetap dengan email Anda, bukan dengan email dia pribadi.

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki website, silahkan cek kembali apakah Anda sudah memiliki akses terhadap domain panel dan hosting panel.

0 Likes
1106 Views

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.