when your website development was finished, your website is just getting started

    Kami percaya, sebagus apapun website apabila tidak dikelola dengan baik maka website tidak akan memberikan kontribusi berarti bagi pemilik website bahkan menimbulkan persoalan baru.

    Kami melihat, begitu banyak website tidak dipelihara dengan baik akibat ketidaktahuan dan keterbatasan kapasitas SDM yang mengerti mengenai pemeliharaan website sehingga muncul banyak persoalan diantaranya website mudah diserang, hilangnya data, isi website tidak ter update.

    Kami hadir untuk menawarkan layanan pengelolaan website sehingga website Anda tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan fokus dalam pengelolaan content website.

    Ruang Lingkup Layanan

    Monitoring website perlu dilakukan untuk memastikan apakah website Anda bisa diakses dengan baik atau tidak. Selain itu juga memonitor server hosting untuk memastikan apakah kapasitas space server dan bandwidth yang tersedia masih cukup atau perlu di upgrade serta memonitor error log website untuk memastikan website terbebas dari error yang terkadang tidak terlihat secara visual.

    Backup data website adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam server website yang biasanya dilakukan dari satu lokasi/perangkat ke lokasi/perangkat lain. Data atau kumpulan informasi tersebut bisa berupa email, source code website, database website dan file media (dokumen, gambar, video, audio).

    Kegunaan atau manfaat back up data yaitu kita masih mempunyai cadangan data dari data website yang hilang/rusak/terhapus, baik yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau faktor lain di luar kemampuan kita, seperti: terkena serangan hacker, perangkat keras server error/bermasalah, bencana, dan lain sebagainya.

    Cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali untuk mengembalikan (restore) website sehingga bisa diakses seperti sedia kala.

    Core engine adalah source code utama aplikasi, seperti halnya wordpress yang memiliki banyak versi mulai dari versi 1.0 hingga saat tulisan ini dibuat, versi yang digunakan adalah 3.9.

    Sementara Plugin adalah semacam fungsi atau fitur tambahan yang digabungkan ke sebuah sistem utama (core engine) untuk menambah kemampuan dan kinerja dari sistem tersebut .

    Website yang menggunakan open source CMS seperti WordPress, Joomla dan Drupal, dituntut untuk selalu melakukan update mesin utama (core engine). Pada umumnya proses update core engine dilakukan untuk menyempurnakan fitur-fitur aplikasi dan juga memperbaiki sistem keamanan website, sehingga apabila website ingin tetap aman dan memiliki kinerja yang bagus, update core engine dan plugin mutlak harus dilakukan.

    Pada dasarnya proses update content bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik website, namun ada kalanya ada beberapa content yang perlu penanganan khusus yang agak sulit dilakukan misalnya pada saat mengupload file yang berukuran besar di atas 10 MB, atau menambahkan banner event di halaman depan, mengganti background website, atau bahkan melakukan update artikel untuk situasi-situasi tertentu.

    Dukungan update content kami berikan untuk menjawab kebutuhan tersebut di atas sehingga proses update content tetap berjalan dengan baik.

    Ada kalanya website mengalami gangguan baik dari sisi server maupun aplikasi website sehinga menyebabkan website tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
    Adakalanya gangguan terjadi dari sisi tampilan website yang diakses oleh pengunjung ataupun halaman administrator dimana admin website melakukan proses update content.

    Layanan penanganan gangguan ini dilakukan dengan mengidentifikasi gangguan untuk kemudian melakukan upaya untuk menemukan solusinya.

    Dalam perjalanannya website adakalanya memerlukan fitur-fitur tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan terkini yang tidak terpikirkan pada saat membangun website. Dengan adanya teknologi Open Source seperti WordPress yang kami gunakan, penambahan fitur akan sangat mungkin dilakukan dengan mudah dengan adanya dukungan plugin dari komunitas wordpress. Kami akan membantu Anda dalam memilih dan memilah plugin yang sesuai dengan kebutuhan untuk kemudian kami instal di webesite Anda.

    Optimasi website perlu dilakukan untuk menjaga performa web supaya tetap bisa diakses dengan baik. Proses optimasi meliputi analisa beban server dan analisa performa aplikasi untuk kemudian diambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengoptimalkan website. Adakalanya beberapa plugin yang digunakan menghabiskan resource server yang cukup banyak sehingga mengakibatkan website lambat atau bahkan tidak bisa diakses karena memory server habis terpakai.

    Sebuah website akan memiliki beberapa akun diantaranya adalah akun domain, akun hosting server dan akun website. Beberapa penyedia jasa hosting menyediakan fasilitas Client Zone atau Client Area yang merupakan area khusus bagi pelanggan untuk mengelola layanan domain dan hosting termasuk didalamnya menyediakan fasilitas complaint ticketing untuk mengadukan permasalahan yang muncul terhadap layanan hosting dan domain yang mereka sediakan.

    Kami melihat begitu banyak pemilik website tidak memiliki pengetahuan mengenai hal ini, sehingga kami berinisiatif untuk menyediakan layanan pengelolaan akun website untuk membantu pemilik website sehingga kunci-kunci utama terhadap website tersimpan dengan baik dan aman.

    Website dalam perjalanannya tentu harus dievaluasi performanya seperti seberapa banyak pengunjung yang mengakses, content apa saja yang paling diminati, dari mana sajakah pengunjung berasal, gadget apa saja kah yang digunakan pengunjung dan lain sebagainya. Evaluasi ini untuk menjadi bahan pengembangan berikutnya baik dari aspek teknis maupun content sehingga performanya selalu meningkat dan mendatangkan benefit bagi sang pemilik website.

    Layanan ini merupakan layanan untuk memberikan laporan kepada klien kami mengenai performa website berikut analisis dan rekomendasi pengembangan website dengan menggunakan data-data statistik dari Google Analytic ataupun Google Trend untuk mengetahui trend kebutuhan informasi dari pengguna Google yang notabene adalah website paling terpopuler di dunia.